Sunday, September 30, 2012

Resume KSI Pertemuan 3 & 4

Pertemuan 3


Dimension Of Information System


Strategic Management
Strategic Management atau Top Management biasanya berhubungan dengan keputusan yang dibuat untuk cakupan yang sangat luas dan bersifat jangka panjang.

Tactical Management
Tactical Management atau Middle Management merupakan level manajemen yang membutuhkan informasi yang bersifat ringkasan. Informasi yang dibutuhkan meliputi data review, ringkasan, dan data hostori untuk membantu perencanaan dan pengontrolan operasional organisasi dan penerapan kebijakan yang telah dirumuskan oleh Management Level Atas . Keputusan yang dibuat biasanya bersifat jangka menengah.

Operational Management
Operational Management atau First line Management merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut supervisor, manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau bahkan mandor.

Data yang dapat diubah menjadi Informasi:
-  Gambar
-  Numerik
-  Tabel
-  Diagram

Decision Support System
merupakan suatu sistem informasi yang diharapkan dapat membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan.


Komponen Decision Support System
Database
Sistem database berisi kumpulan dari semua data bisnis yang dimiliki perusahaan, baik yang berasal dari transaksi sehari-hari, maupun data dasar (master file). Untuk keperluan DSS, diperlukan data yang relevan dengan permasalahan yang hendak dipecahkan melalui simulasi.

Model Base
Komponen kedua adalah Model Base atau suatu model yang merepresentasikan permasalahan ke dalam format kuantitatif (model matematika sebagai contohnya) sebagai dasar simulasi atau pengambilan keputusan, termasuk di dalamnya tujuan dari permasalahan (obyektif), komponen-komponen terkait, batasan-batasan yang ada (constraints), dan hal-hal terkait lainnya.

Software System
Kedua komponen tersebut untuk selanjutnya disatukan dalam komponen ketiga (software system), setelah sebelumnya direpresentasikan dalam bentuk model yang “dimengerti” komputer . Contohnya adalah penggunaan teknik RDBMS (Relational Database Management System), OODBMS (Object Oriented Database Management System) untuk memodelkan struktur data. Sedangkan MBMS (Model Base 2 Management System) dipergunakan untuk mere-presentasikan masalah yang ingin dicari pemecahannya. Entiti lain yang terdapat pada produk DSS baru adalah DGMS (Dialog Generation and Management System), yang merupakan suatu sistem untuk memungkinkan terjadinya “dialog” interaktif antara komputer dan manusia (user) sebagai pengambil keputusan.

Sumber:
http://itsum.wordpress.com/tag/tactical-management/
http://gufronirido.blogspot.com/2009/05/tingkatan-manajemen.html
http://spermagaul.wordpress.com/2009/06/15/dss-decision-support-system/



Pertemuan 4

SISTEM INFORMASI FUNGSIONAL

Sistem Informasi Akuntansi
Merupakan sistem informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi akuntansi. sisten ini mencakup semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan dalam perusahaan.

5 Tugas dasar Sistem Informasi Akuntansi:
- Pengumpulan data
- Manipulasi  Pemrosesan data
- Manajemen Data
- Pengendalian Data
- Penyiapan dokument


Sistem Informasi Keuangan
Digunakan untuk mendukung manajer keungan dalam mengambil keputusan yang menyangkut persoalan perusahaan dan pengalokasian serta pengendalian sumber daya keuangan dalam perusahaan. Informasi yang disajikan dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus. Data keuangan berasal dari sumber internal dan eksternal 

Subsistem Sistem Informasi Keuangan:

  • Subsistem intelijen keuangan berfungsi untuk mengidentififkasi sumber-sumber keuangan eksternal yang dapat manambah dana bagi perusahaan.
  • Subsistem audit internal berfungsi untuk menangani hasil-hasil audit secara internal
  • subsistem pemrosesan transaksi berupa sistem informasi akuntansi yang menghasilkan data-data keuangan
  • subsistem peramalan dan perencanaan keuangan berfungsi melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan saat ini dan terproyeksi dalam bisnis, membantu menentukan kebutuhan pendanaan dalam bisnis dan analisa metode-metode alternatif pendanaan
  • subsistem manajemen dana berguna untuk membantu pengelolaan aset
  • subsistem pengendalian keuangan berfungsi untuk melakukan evaluasi keuangan dan dampak keuangan terhadap pengeluaran modal yang diajukan.


Sistem Informasi Manufaktur
digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang meliputi seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa.


  • CAD : sistem yang menggunakan komputer untuk merancang suatu produk
  • CAM : sistem berbasis komputer yang digunakan untuk mengontrol suatu proses produksi
  • ROP: Sistem yang mendasarkan keputusan pembelian
  • MRP : Sistem yang dipakai untuk merencanakan kebutuhan berbagai bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi
  • Robotic: Alat yang secara otomatis melakasanakan tugas-tugas tertentu dalam proses manufaktur



Sumber: http://www.slideshare.net/yaqinov/02-macam-macam-sistem-informasi


No comments:

Post a Comment