Tuesday, September 24, 2013

Tugas 3 Data Warehouse

1. Cari Paper tema: perusahaan yang ingin membangun Data Warehouse! (tidak boleh sama)

XL Menggandeng Teradata Untuk Menangani Data Warehousing


XL Asiata, salah satu perusahaan operator layanan telekomunikasi mobile Indonesia atau lebih dikenal dengan XL. Xl mempunyai komitmen melayani konsumen dengan mengerahkan seluruh keahliannya. XL juga ingin memberikan competitive analisis dan enterprise data warehousing kepada pelanggannya.
Sebagai bentuk komitmen tersebut,  XL melakukan kerjasama dengan Teradata, salah satu perusahaan kelas dunia yang fokus dengan data warehousing dan integrated marketing Management. Teradata akan membantu XL untuk memberikan solusi data warehousing bagi konsumennya.

XL berharap adanya platform dari Teradata yaitu Teradata Active Enterprise Data Warehousing (EDW) akan semakin mendukung kebutuhan informasi operasional yang mendekati real-time. Platform ini diperlukan untuk mengatur volume data yang besar untuk mendapatkan gambaran penting, analisis dan laporan tepat waktu. Platform Teradata ini akan memberikan kinerja warehousing lebih baik dalam memenuhi kebutuhan XL dan juga mampu memberikan pondasi proses data warehouse ke depan.  

Penanganan data warehouse menjadikan XL semakin memperbaiki tingkat pelayanannya dalam hal proses pelaporan yang makin sederhana, menjawab pertanyaan penting pemakai dan membantu mengetahui profil konsumennya secara real-time. XL berkeyakinan bahwa penanganan data warehousing yang lebih baik, akan meningkatkan kemampuan kompetitif analitik dan mampu tercapainya pertumbuhan pendapatan yang tinggi.

Teradata juga sangat senang dapat melayani XL yang merupakan salah satu operator telekomunikasi termuka di Indonesia, “kami akan memberikan solusi data warehouse yang aman, cepat dan mampu beradaptasi dengan berbagai beban kerja. Solusi ini juga akan mampu memberdayakan karyawan terdepan untuk menjawab pertanyaan konsumen secara real-time” kata Noel Pettitt, Vice President South Asia Teradata Corporation di Jakarta pada Kamis, 19 Mei 2011.

“Kami berharap adanya kerjasama dengan Teradata semakin meningkatkan pelayanan bagi konsumen baik service, bonus, tarif dan kenyamanannya. Kami akan terus memantau dan menganalisis data warehouse setiap hari,” kata Eri Rizal, General Manager Business Intelligence Competency Center XL di konferensi pers di Jakarta, Kamis, 19 Mei 2011.

Eri menambahkan bahwa XL akan memberikan kemudahan bagi konsumennya untuk menerima berbagai pesan, konsumen akan bisa melakukan spam untuk pesan yang tidak sesuai dengan kebutuhannya.



2. Buat soal serta solusinya tentang segala yang berhubungan dengan data warehouse!(minimal3)

1. Sebutkan karakteristik dari Data Warehouse!
  • Subject Oriented (Berorientasi subject) => data warehouse didesain untuk menganalisa data berdasarkan subject-subject tertentu dalam organisasi, bukan pada proses atau fungsi aplikasi tertentu.
  • Integrated (Terintegrasi) => Data Warehouse dapat menyimpan data-data yang berasal dari sumber-sumber yang terpisah kedalam suatu format yang konsisten dan saling terintegrasi satu dengan lainnya.
  • Time-variant (Rentang Waktu) => Seluruh data pada data warehouse dapat dikatakan akurat atau valid pada rentang waktu tertentu. 
  • Non-Volatile => data pada data warehouse tidak di-update secara real time tetapi di refresh dari sistem operasional secara reguler.

2.  Jelaskan perbedaan antara data operasional dan data warehouse!
     Data Operasional
  • Dirancang berorientasi hanya pada aplikasi dan fungsi tertentu
  • Focusnya pada desain database dan proses
  • Berisi rincian atau detail data
  • Relasi antar table berdasar aturan terkini(selalu mengikuti rule(aturan) terbaru)

     Data Warehouse

  • Dirancang berdasar pada subjek-subjek tertentu(utama)
  • Focusnya pada pemodelan data dan desain data
  • Berisi data-data history yang akan dipakai dalam proses analisis
  • Banyak aturan bisnis dapat tersaji antara tabel-tabel


3. Keuntungan apa yang diperoleh sebuah perusahaan apabila mengimplementasikan Data Warehouse?

  • Kemampuan untuk mengakses data yang besar
  • Kemampuan untuk memiliki data yang konsistent
  • Kemampuan kinerja analisa yang cepat
  • Mengetahui adanya hasil yang berulang-ulang
  • Menemukan adanya celah pada business knowledge atau business process.
  • Mengurangi biaya administrasi
  • Memberi wewenang pada semua anggota dari perusaahan dengan menyediakan kepada mereka informasi yang dibutuhkan agar kinerja bisa lebih efektif.

Sumber:

No comments:

Post a Comment