Sunday, December 9, 2012

Resume KSI Pertemuan 7 & 8

Pertemuan 7

e-Business adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis  dengan memanfaatkan teknologi elektronik. Penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya menyangkut e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce merupakan sub bagian dari e-business. Sementara e-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: electronic purchasing, SCM, pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.

e-Business dpat dibagi menjadi 4, antara lain :
  1. Customer Relationship Management (CRM)
  2.  Enterprise Resource Planning (ERP)
  3. Enterprise Application Programs (EAI)
  4. Supply Chain Management (SCM)

Manfaat dari e-business :
  1. Meningkatkan kinerja operasional perusahaan
  2. Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang luas
  3. Meningkatkan efisiensi perusahaan
  4. Mempermudah pengolahan aset perusahaan
  5. Meningkatkan kualitas layanan pada pelanggan
  6. Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
  7. Mengatasi kesenjangan digital
  8. Media mempromosikan kompetensi perusahaan
  9. Memperlancar transaksi bisnis
  10. Sarana penyebaran informasi secara luas

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Perbedaan e-business dengan e-commerce:
e-commerce :
mencakup segala kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara electronik termasuk internet.
e-business :
memiliki definisi lebih luas dari e-commerce karena di dalamnya tidak hanya pembelian dan penjualan namun layanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis dan mengelola transaksi elektronik dalam organisasi. atau dapat disimpulkan e-business mencakup segala aktivitas dan aspek yang ada di ecommerce, plus bagaimana cara menjalankan bisnis (proses internal dalam organisasi).
 
Sumber:
http://id.shvoong.com/business-management/2214019-pengertian-business-electronic-business/
http://www.baliorange.web.id/pengertian-ecommerce/
http://ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html


Pertemuan 8

Developing Business atau IT Solutions menyediakan sebuah kerangka kerja konseptual, untuk membantu memvisualisasikan komponen dasar, proses, dan interface dari aplikasi utama bisnis berbasis elektronik, yang fokus pada mewujudkan proses bisnis fundamental yang selaras dengan kepentingan Pelanggan, Pemasok, Rekanan, Karyawan.

Lima Langkah dalam Siklus Pengembangan Sistem :
- Siklus Pengembangan :
  1. Investigasi Sistem  Output : Studi Kelayakan  
  2. Analisis Sistem Output : Kebutuhan Fungsional
  3. Desin Sistem Output : Spesifikasi Sistem 
  4. Implementasi Sistem Output : Sistem Operasional
  5. Perawatan Sistem Output : Sistem yang lebih baik
- Investigasi Sistem (Systems Investigation) :
  1. Tentukan ada tidaknya masalah/ kesempatan bisnis
  2. Lakukan studi kelayakan untuk menentukan apakah sistem informasi baru atau peningkatannya merupakan solusi layak.
  3. Kelayakan Organisasi ,Apakah sistem ini akan mendukung tujuan strategis organisasi?
  4. Kelayakan Operasional : Penerimaan user Dukungan Manajemen Kebutuhan pelanggan, pemasok dan pemerintah
  5. Buat rencana usulan proyek dan meminta persetujuan maajemen
  6. Melakukan Cost/Benefit Analysis
- Analisis Sistem :
  1. Analisis kebutuhan informasi dari user, dan lingkungan organisasi.  
  2. Analisis aktivitas, sumberdaya, dan produk sistem yang sedang berjalan  
  3. Analisis kebutuhan fungsional dari satu sistem yang mampu meme-nuhi kebutuhan user:  
- Desain Sistem :
  Output – Spesifikasi sistem :
  1.   Spesifikasi “user interface”
  2. Spesifikasi basis data
  3. Spesifikasi piranti lunak
  4. Spesifikasi perangkat keras dan jaringan
  5. Spesifikasi personil.
- Perawatan Sistem :
  • Lakukan proses review pasca imple-mentasi untuk memantau, mengevalusi, dan memodifikasi sistem sesuai kebutuhan .

No comments:

Post a Comment